Makalah DDPMIPA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.
Input adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Dalam penulisan makalah ini penulis akan memaparkan tentang Mouse komputer secara umum dan cara kerja mouse optik sebagai produk teknologi terbaru.
1.2 Batasan Masalah.
Makalah ini membahas tentang mouse komputer. Makalah ini menjelaskan tentang teori dari definisi mouse komputer, cara kerja mouse optik, manfaat dari penggunaan mouse komputer.
1.3 Tujuan.
  1. Mengetahui deskripsi dari mouse komputer.
  2. Mengetahui konsep apa yang dipakai mouse optik
  3. Mengetahui struktur mouse optik.
  4. Mengetahui Kegunaan dari mouse komputer.
1.4 Metode Penulisan.
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis menggunakan metode kepustakaan, yaitu pada metode ini, penulis membaca buku-buku dan literatur serta mencari informasi di internet yang berhubungan dengan penulisan makalah ini yaitu mouse optik.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi Mouse Komputer.
Mouse komputer adalah suatu benda yang dicolokkan ke dalam lubang di belakang computer dan digunakan sebagai penunjuk dan peng-klik dalam menggunakan komputer. Dalam bahasa Malaysia, mouse komputer disebut sebagai petunjuk-tetikus, yang dalam bahasa saudaranya, yaitu bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai suatu petunjuk yang menunjukkan letak tikus-tikus di rumah.
Gambar 1. Mouse track ball.
Salah satu jenis mouse yang umum digunakan adalah mouse track ball. Prinsip kerja mouse ball adalah dimana bola didalam mouse menyentuh permukaan meja dan menggelinding/berputar ketika mouse bergeser posisinya. Dua buah “roller” di dalam mouse menyentuh bola ikut berputar. Salah satu roller berfungsi mendeteksi gerakan arah sumbu X (mendatar), dan satu roller lainnya berbeda 90 derajat dari roller pertama berfungsi untuk mendeteksi gerakan arah sumbu Y (vertikal). Ketika bola mouse berputar, salah satu atau kedua roller ikut berputar. Tiap roller terhubung pada shaft (batang), dan batang memutar sebuah cakram yang berlubang-lubang. Ketika roller berputar, batang dan cakram ikut berputar. Pada sisi cakram yang lain terdapat LED inframerah dan sensor inframerah. Lubang-lubang pada cakram memutus pancaran cahaya yang datang dari LED sehingga sensor inframerah melihat denyut atau kedipan cahaya. Kecepatan kedip langsung berhubungan dengan kecepatan mouse dan jarak gerakan mouse yang telah ditempuh.
salah satu optik penterjemah gerakan mouse : Terdapat LED inframerah (bening) pada salah satu sisi cakram dan LED sensor inframerah (merah) pada sisi yang lain.
Chip prosesor pada papan pcb membaca denyut/kedip dari sensor inframerah dan mengubahnya menjadi data biner (0/1) yang dimengerti oleh komputer. Chip tersebut mengirim data biner ke komputer melalui kabel mouse.
Bagian logik pada mouse berupa chip, sebuah prosesor kecil yang membaca kedip dari sensor inframerah dan mengubahnya menjadi kode biner yang dikirim ke komputer. Terlihat juga dua buah tombol yang mendeteksi adanya klik pada mouse ( yaitu disamping konektor kabel).
2.2 Mouse Optik.
Konsep mouse optik telah dikembangkan pertama kali oleh Agilent Technologies dan diperkenalkan pada tahun 1999. Mouse optic ini memiliki kamera yang dapat memotret ribuan gambar di setiap detik. Kamera memotret alas mouse. Gambar yang diperoleh dikirm ke prosessor sinyal digtal untuk dianaliss. Prosesor itu membandingkan setiap gambar yang dikirim untuk mengerakan perubahan disetiap gambar.
Perubahan itu dianalisis untuk mengetahui seberapa jauh mouse sudah bergerak. Setelah informasi itu didapatkan, prosesor mengirim koordinat ke komputer. Komputer itu menggerakan pointer di layer monitor lalu digerakan berdasarkan koordinat yang diterima. Proses yang lumayan panjang ini terjadi ribuan kali dalam satu detik sehingga pointer mouse tetap bergerak dengan mulus.
Optical mouse bisa dikatakan menjadi pengganti Ball mouse. Optical mouse dianggap memiliki kinerja lebih baik daripada ball mouse. Mouse jenis ini dapat digunakan pada permukaan yang tidak rata seperti kain, kulit, bahkan karpet, dll. Selain itu karena tidak lagi menggunakan bola sebagai penunjuk jalannya, maka optical mouse bisa dibilang nyaris tanpa perawatan. Namun sudahkah itu semua cukup? Tentu saja tidak. Dari sederet keunggulan yang kita ketahui, ternyata Optical mouse memilki banyak pula kekurangan yang masih perlu dibenahi.
Gambar 2. Mouse Optik
Kekurangan Optical Mouse :
• Tidak dapat berjalan di atas permukaan yang memantul seperti lantai keramik, dll.
• Tidak dapat berjalan di atas permukaan yang tembus pandang seperti kaca, gelas, dll.
• Mengeluarkan cahaya merah yang menyilaukan dan jika dipandang terus menerus mungkin bisa membahayakan kesehatan mata
2.3 Cara Kerja Mouse Optik.
Sebenarnya ini bukan teknologi terbaru, karena sudah ada dipasaran sejak lama. Namun mouse ini merupakan mouse tercanggih saat ini. Yaitu mouse laser. Mouse laser sebetulnya termasuk mouse optic tapi menggunakan LED (Light Emiting Diode) berwaran merah. Mouse laser menggunkan pancaran sinar laser yang tak kasat mata, ada beberapa yang terlihat.
Gambar 3. Berkas Sinar Laser
Laser (singkatan dari bahasa Inggris: Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah sebuah alat yang menggunakan efek mekanika kuantum, pancaran terstimulasi, untuk menghasilkan sebuah cahaya yang koherens dari medium "lasing" yang dikontrol kemurnian, ukuran, dan bentuknya. Pengeluaran dari laser dapat berkelanjutan dan dengan amplituda-konstan (dikenal sebagai CW atau gelombang berkelanjutan), atau detak, dengan menggunak teknik Q-switching, modelocking, atau gain-switching.
Dalam operasi detak, banyak daya puncak yang lebih tinggi dapat dicapai. Sebuah medium laser juga dapat berfungsi sebagai amplifier optikal ketika di-seed dengan cahaya dari sumber lainnya. Signal yang diperkuat dapat menjadi sangat mirip dengan signal input dalam istilah panjang gelombang, fase, dan polarisasi; Ini tentunya penting dalam komunikasi optikal. Kata kerja "lase" berarti memproduksi cahaya koherens, dan merupakan pembentukan-belakang dari istilah laser.
Sumber cahaya umum, seperti bola lampu incandescent, memancarkan foton hampir ke seluruh arah, biasanya melewati spektrum elektromagnetik dari panjang gelombang yang luas. Foton itu sendiri adalah partikel elementer dalam fenomena elektromagnetik. Biasanya foton dianggap sebagai pembawa radiasi elektromagnetik, seperti cahaya, gelombang radio, dan Sinar-X. Foton berbeda dengan partikel elementer lain seperti elektron dan quark, karena ia tidak bermassa dan dalam ruang vakum foton selalu bergerak dengan kecepatan cahaya, c. Foton memiliki baik sifat gelombang maupun partikel ("dualisme gelombang-partikel").Banyak sumber cahaya juga incoherens; yaitu, tidak ada hubungan fase tetap antara foton yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Secara kontras, laser biasanya memancarkan foton dalam cahaya yang sempit, dijelaskan-baik, terpolarisasi, sinar koherens mendekati-monokromatik, terdiri dari panjang gelombang tunggal atau warna.
Beberapa jenis laser, seperti laser dye dan laser vibronik benda-padat (vibronic solid-state lasers) dapat memproduksi cahaya lewat jangka lebar gelombang; properti ini membuat mereka cocok untuk penciptaan detak singkat sangat pendek dari cahaya, dalam jangka femtodetik (10-15 detik). Banyak teori mekanika kuantum dan termodinamika dapat digunakan kepada aksi laser (lihat ilmu laser), meskipun nyatanya banyak jenis laser ditemukan dengan cara trial and error.
Sinar laser dipancarkan bergerak menigikuti tangan pengguna. Sinar laser itu menghidupkan sistem sensor optic seperti pada mouse optic biasa. Ribuan gambar diambil dalam waktu satu detik untuk mengetahui pergerakn mouse. Koordinat yang dikirim mouse kemudian digunakan komputer untuk mempoisikan pointer.
evaluating it Mouse Optik Generasi Baru Bisa Jalan di Kaca
Gambar 4. Jenis-jenis sensor pada mouse optik.
Cara kerja mouse optik ditunjukkan oleh gambar berikut:
Gambar 5. Cara kerja mouse optik
LED menyinari permukaan bawah mouse, cahaya LED dipantulkan oleh tekstur mikroskopik pada permukaan. Lensa plastik mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dan membentuk gambar pada sensor (CMOS sensor). Sensor mengambil gambar dengan kecepatan cukup cepat, 1500 gambar per detik. Gambar (binary / hitam-putih) dikirim ke DSP (digital signal processor) untuk diolah.
Gambar yang diterima dalam suatu jeda waktu kira2 seperti berikut:
Gambar 6. Gambar yang diterima dalam suatu jeda waktu pada sensor optis
Dua gambar diambil berurutan ketika mouse bergerak; menggunakan algoritma image processing (dipatenkan), DSP mengidentifikasi gambar kasaran (common feature) antara dua frame/gambar dan menentukan jarak pergeserannya, informasi ini digunakan untuk meng-update coordinate X,Y yang mengindikasikan pergerakan mouse.
2.4 Manfaat Penggunaan Mouse Komputer.
Manfaat penggunaan mouse computer memang sangat dirasakan pada era globalisasi ini. Hampir semua perangkat computer menggunakan mouse. Dengan demikian, akan memudahkan dalam pengoperasian mouse komputer karena mouse komputer bersifat fleksibel dan memiliki respon tinggi. Dalam dunia pendidikan sudah kita rasakan dampak dan manfaatnya. Karena kita tidak bisa melepaskan diri dari komputer. Semua aspek membutuhkan komputer. Sehingga mouse komputer juga memiliki manfaat yang luas.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan.
Input adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Mouse komputer adalah suatu benda yang dicolokkan ke dalam lubang di belakang computer dan digunakan sebagai penunjuk dan peng-klik dalam menggunakan komputer.
Konsep mouse optik telah dikembangkan pertama kali oleh Agilent Technologies dan diperkenalkan pada tahun 1999. Mouse optic ini memiliki kamera yang dapat memotret ribuan gambar di setiap detik. Kamera memotret alas mouse. Gambar yang diperoleh dikirm ke prosessor sinyal digtal untuk dianaliss. Prosesor itu membandingkan setiap gambar yang dikirim untuk mengerakan perubahan disetiap gambar.
Mouse laser sebetulnya termasuk mouse optic tapi menggunakan LED (Light Emiting Diode) berwaran merah. Mouse laser menggunkan pancaran sinar laser yang tak kasat mata, ada beberapa yang terlihat.
Cara kerja mouse optik
LED menyinari permukaan bawah mouse, cahaya LED dipantulkan oleh tekstur mikroskopik pada permukaan. Lensa plastik mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dan membentuk gambar pada sensor (CMOS sensor). Sensor mengambil gambar dengan kecepatan cukup cepat, 1500 gambar per detik. Gambar (binary / hitam-putih) dikirim ke DSP (digital signal processor) untuk diolah.
3.2 Saran
Dalam sebuah penulisan, tentu diperlukan dilakukannya penulisan lanjutan guna meningkatkan ilmu pengetahuan. Dalam membuat makalah, disarankan mencari referensi yang lebih luas lagi, sehingga pembahasan akan semakin mendalam dan lebih efektif. Sehingga akan benar-benar memberikan manfaat dimana akan didapat sebuah pengetahuan yang dapat diterapkan di dalam masyarakat hendaknya.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/mouse

BERIKAN KOMENTAR

Nama

Budaya,1,Event,1,Fisikawan,14,Inovasi,1,Keseharian,2,Kilas Balik,3,Publikasi,2,
ltr
item
Guru Muda Fisika: Makalah DDPMIPA
Makalah DDPMIPA
Guru Muda Fisika
http://www.gurumudafisika.com/2017/11/makalah-ddpmipa.html
http://www.gurumudafisika.com/
http://www.gurumudafisika.com/
http://www.gurumudafisika.com/2017/11/makalah-ddpmipa.html
true
5039093484993038569
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy